Sidikalang- SMA Santo Petrus merayakan Tri Hari Suci atau Tiga Hari Suci. Adapun Tri Hari Suci Paskah terdiri dari terdiri dari Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci.

  1. Kamis Putih

Kamis Putih adalah hari suci untuk memperingati malam perjamuan terakhir Yesus dan para murid-Nya. Kamis Putih tahun ini jatuh pad tanggal 28 Maret 2024.

Tuhan Yesus mengajarkan umat-Nya untuk saling mengasihi satu sama lain tanpa membeda-bedakan. Ia juga mengajarkan pentingnya melayani dengan rendah hati. Dengan implementasinya adalah sebagai seorang Pendidik di sekolah SMA Santo Petrus Sidikalang hendaknya kita melakukan pelayanan kita dengan rendah hati untuk memberikan Pendidikan yang bermutu tinggi demi kemajuan siswa/i SMA Santo Petrus Sidikalang.

Ada beragam istilah untuk penyebutan Kamis Putih, seperti Maundy Thursday, Holy Thursday, atau Sheer Thursday. Sesuai namanya, Kamis Putih jatuh pada hari Kamis sebelum Paskah.

2. Jumat Agung

Penulis juga menelusuri dari situs Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Jumat Agung bagi umat Katolik adalah peringatan akan peristiwa yang terjadi pada 2000 tahun yang lalu, di mana Yesus ditangkap oleh kaum Farisi dan diadili, dianiaya, lalu disalib, hingga wafat di kayu salib. Peristiwa tersebut diyakini umat Katolik sebagai penebusan Yesus akan dosa umat manusia.
Sebelum jumat Agung sekolah SMA Santo Petrus Juga Melakukan puasa dan bukan hanya itu, bahwa sekolah SMA Santo Petrus siswa/i ikut berperan dalam Aksi Puasa. Masa prapaskah yaitu berpuasa dan bertobat atas pengorbanan yang menyebabkan Yesus disalibkan.Jumat Agung adalah peringatan kematian Yesus dengan cara disalib dan disebut Good Friday, sedangkan Paskah adalah peringatan kebangkitan Yesus.

Tablo Jalan Salib 2024 SMA St.Petrus Sidikalang

3. Sabtu Suci

Sabtu Suci adalah hari terakhir Prapaskah untuk memperingati kematian Yesus. Sabtu Suci adalah hari dimana Yesus beristirahat di dalam kubur. Hal itu menandankan Yesus telah selesai melaksanakan pekerjaannya untuk penebusan dosa, sebab dosa-dosa manusia sudah ditebus dengan pengorbanannya di kayu salib. Tepatnya hari ini tanggal 30 Maret 2024 merupakan Sabtu Suci. Pengorbanan yesus membuat kita untuk  bertobat  kearah yang lebih baik  dan Mari kita jadikan “Tri Hari Suci” ini menjadi Perubahan Baru didalam hati kita untuk menjalani Pelayanan Kita sebagai Pendidik maupun sebagai siswa/i di SMA Santo Petrus Sidikalang.

AKHIR KATA ” SELAMAT HARI PASKAH 2024 “



PERAYAAN TRI SUCI 2024 SMA SANTO PETRUS SIDIKALANG
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.