MIsa menyambut HUT Yayasan Seriamal Medan

Sidikalang, Senin 09 Oktober SMA St. Petrus Sidikalang memperingati HUT Yayasan Seriamal Medan yang ke 65 yang jatuh pada hari Sabtu lalu. Sedikit sejarah awal tentang Yayasan Seriamal Medan adalah sebuah Yayasan yang dikelola oleh Kongregasi Suster-Suster St. Yosef (KSSY) Medan, lahir di Amersfoort-Belanda pada tahun 1840. Setelah itu KSSY memulai karyanya di Medan, tepatnya di Petisah dengan menangani bidang pendidikan, mengelola Sekolah Dasar untuk anak India (keling), sekolah kejuaruan untuk anak putri (SKP),  dan Taman Kanak-kanak. Dengan adanya beberapa karya pendidikan kiranya perlu mendirikan satu yayasan untuk mengelola karya tersebut. Yayasan Seri Amal (YSA) didirikan oleh KSSY yang diaktekan pada notaris tanggal 7 Oktober 1958 dengan nomor akte 25 dengan ketua yayasan yang pertama adalah Tuan Daan Moniaga tanpa gaji. Pendirian yayasan ini adalah perwujudan Spiritualitas Kongregasi Suster St. Yosef (KSSY) melalui karya pendidikan di bawah naungan Yayasan Seri Amal (YSA). Keyakinan itu dituangkan dalam sebuah Motto “QUAERITE VERITATEM“ (carilah kebenaran).

Lomba Puisi dengan Tema Corevalues dan Imago Dei

Visi

Terselenggaranya Pendidikan dan Pembinaan yang terintergrasi melalui penghargaan dengan memberdayakan siswa dan peserta bina berdasarkan Spritualitas KSSY, ajaran dan moral Katolik demi terwujudnya peran serta mereka kelak di dalam masyarakat, bangsa, dan gereja”.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran dan bimbingan ilmu yang bermutu tinggi pada setiap jenjang sekolah.
  2. Melaksanakan upaya-upaya pemberdayaan staf dan siswa melalui pelatihan-pelatihan dan skill training.
  3. Memajukan kehidupan rohani melalui pendidikan agama, retret dan pembinaan iman.
  4. Mempromosikan kepekaan dan penghargaan keutuhan alam dan lingkungan.
  5. Menyediakan dana dan fasilitas melalui berbagai kegiatan dan hubungan melalui jejaring atau networking
Lomba Storytelling dengan Tema Dampak dari limbah plastik di lingkungan SMA St. Petrus

Spiritualitas sekaligus visi Perguruan Ka­tolik YSA adalah mewujudkan imago dei (kesecitraan Allah), di wilayah dimana pelayanan pendidikan yang dikelola YSA berada. Saat ini YSA mengelola 18 unit sekolah yang tersebar di empat kabupaten/kota (Medan, Tobasa, Dairi dan Langkat) dan dua provinsi (Sumatera Utara dan Ka­limantan Tengah), mulai unit Pendidi­kan Anak Usia Dini (PAUD), TK, SD, SMP sampai SMA. Dalam perjalanan waktu, spiritualitas Imago Dei lalu lebih didetailkan lewat lima nilai  utama(core values), yakni cin­ta kepada kehidupan (prolife), pem­ber­dayaan (empowering), tegur sapa dan belarasa (compassion), kejujuran (ho­nesty), membangun hubungan sehingga di­percaya (trust and worthy).

KEMERIAHAN HUT YAYASAN SERIAMAL MEDAN DI LINGKUNGAN SMA ST. PETRUS SIDIKALANG
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.